5 Tips Ampuh Mengelola Keuangan Ala Pengusaha Sukses

Berapa banyak dari kita yang selalu tidak bisa menabung berapapun jumlah pendapatan kita? Uang selalu kita habiskan untuk jalan-jalan dan belanja yang tidak penting. Ketika kita sedang membutuhkan uang untuk hal yang mendesak, misal anggota keluarga ada yang kecelakaan kita baru kebingungan.

Tips mengelola keuangan
Tips mengelola keuangan

 

Hal di atas sering terjadi kepada kita. Untuk itu, saya akan membagikan tips mengelola keuangan yang telah diterapkan oleh salah satu pengusaha sukses di Indonesia bernama Djohan Darmadi. Djohan Darmadi adalah owner dari PT Greenlm Aftech, salah satu perusahaan LED terbesar di Indonesia yang berlokasi di Cikarang, Bekasi. Beliau menerapkan hal ini dalam hal menabung dan mengelola keuangan sehingga ia bisa menjadi pengusaha sukses seperti saat ini.

Melalui artikel ini, beliau ingin membagikan tips mengelola keuangan yang dia terapkan selama bertahun-tahun. Seperti apa tips mengelola keuangan yang ampuh dan biasa diterapkan oleh para pengusaha sukses seperti Djohan Darmadi?

Berikut 5 Tips Ampuh Mengelola Keuangan Ala Pengusaha Sukses:

 

  1. Tabung Dahulu, Belanjakan Kemudian

Anda pasti memiliki kebiasaan membelanjakan uang gaji terlebih dahulu baru menabung sisanya. Nah kebiasaan ini yang tidak dilakukan oleh pengusaha sukses seperti Djohan Darmadi. Menurutnya, sebaiknya tabunglah pendapatan kita di awal kita mendapat uang baru setelah itu kita membelanjakan sisanya.

Berapa jumlah uang yang idealnya kita tabung? Idealnya adalah sekitar 20% – 30% dari total pendapatan kita. Di awal mungkin kita akan keberatan, tetapi lama-lama kita akan menyesuaikan apa yang kita belanjakan dan konsisten menabung sesuai dengan jumlah ideal tersebut.

 

  1. Miliki Minimal Dua Rekening

Memiliki hanya satu rekening mungkin lebih praktis. Berbagai transaksi cukup melalui satu rekening saja. Tapi menurut Djohan Darmadi, tiap orang paling tidak harus memiliki dua rekening. Rekening utama untuk menerima gaji dan berbagai keperluan transaksi, dan rekening lainnya untuk menabung dan berinvestasi. Tujuannya agar kita bisa fokus menyimpan uang yangditransfer ke rekening kedua tersebut hanya untuk ditabung, investasi ataupun untuk keperluan mendadak. Kitapun tidak mudah tergoda untuk membelanjakan uang yang ada di rekening utama kita karena kita sudah mentransfer uang yang akan ditabung terlebih dahulu ke rekening kedua kita

 

  1. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan

Para pengusaha sukses seperti Djohan Darmadi, tidak akan membelanjakan sesuatu yang hanya sekadar diinginkan. Mereka akan membelanjakan sesuatu yang benar-benar dibutuhkan saja. Kitapun harus bisa membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Jangan sampai kita terbiasa membeli sesuatu yang kita hanya sekadar kita inginkan, dan suatu hari nanti kita terpaksa menjual sesuatu yang kita butuhkan.

 

  1. Tambah Pendapatan

Pengusaha sukses seperti Djohan Darmadi tentunya tidak pernah mengandalkan hanya satu sumber penghasilan saja. Sumber penghasilan Djohan Darmadi sendiri sebagai contoh, berasal dari perusahaan yang dimilikinya seperti PT Greenlm Aftech, perusahaan air minum dan investasi yang dia lakukan.

Cara menambah pendapatan ini pun bisa dengan berbagai macam cara. Bisa dengan menjadi penulis artikel freelance, menjadi reseller atau dropshipper dengan membuka toko online, mengajar les privat ataupun berinvestasi. Khusus untuk investasi, Djohan Darmadi sangat menyarankan untuk investasi di properti. Investasi lainnya yang dapat dicoba adalah emas dan reksadana. Menurutnya, tidak masalah jika Anda bukan pengusaha, asalkan Anda harus berinvestasi. Karena karyawan yang berinvestasi dapat mengalahkan jumlah pendapatan pengusaha yang tidak pernah berinvestasi.

 

  1. Selalu Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Tidak pernah mencatat pengeluaran dan pemasukan keuangan adalah salah satu bencana bagi setiap orang. Oleh karena itu, kebiasaan ini juga yang diterapkan oleh para pengusaha sukses salah satunya Djohan Darmadi. Tiap pemasukan dan pengeluaran harus dicatat sedetail mungkin, bahkan termasuk uang parkir kendaraan Anda. Sekarangpun banyak beredar aplikasi untuk mengelola keuangan yang ada di Play Store dan Apple Store seperti Monefy atau Money Manager.

Itulah beberapa tips mengelola keuangan yang diterapkan Djohan Darmadi, salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Jika beliau saja bisa menerapkannya, Andapun pasti bisa.


Leave a Reply