7 Hal Yang Perlu Dihindari Agar Pesta Pernikahan Tidak Menguras Banyak Uang

Dalam pesta pernikahan, hal-hal kecil saja memang bisa memakan biaya besar.Membuang hal yang kurang penting adalah salah satu cara untuk menghemat biaya pernikahan.Tapi,apakah Anda tahu hal-hal yang perlu dihindari untuk menekan anggaran? Kalau belum, ayo kita simak pembahasannya di bawah ini:

hemat biaya pernikahan

  1. Menyewa gedung yang terlalu mahal

Lokasi pesta pernikahan, yang biasanya berupa gedung, adalah salah satu faktor yang menyita sebagian besar anggaran.Faktor tersebut bisa dihindari dengan beberapa solusi, misalnya menyewa restoran milik teman atau menyewa gedung yang tidak dipakai pada hari tertentu. Sebenarnya ,anggaran untuk lokasi bisa ditekan sampai Rp0 ,00. Misalnya dengan cara memanfaatkan halaman rumah Anda atau salah satu kerabat dekat, jika tempatnya cukup luas dan memungkinkan untuk dipakai pesta.Di mana pun lokasinya, itu tidak akan mengurangi kemeriahan pesta,kok.

  1. Menikah pada hari weekend

Harga sewa gedung pada hari biasa tentu lebih murah jika dibandingkan dengan hari Sabtu atau Minggu. Beberapa gedung memang menaikkan harga sewa pada akhir pekan. Untuk itu, cobalah menentukan hari pernikahan dari hari Senin sampai Jumat.Cara ini akan mengurangi anggaran sewa tempat.Selain hari-hari di akhir pekan hari, hari Valentine dan akhir atau awal tahun juga akan membuat harga sewa lokasi menjadi lebih mahal.

  1. Membeli gaun yang harganya gila

Masalah gaun ini adalah masalah wanita.Banyak wanita yang ingin mengikuti tren yang sedang berlangsung, atau membeli gaun yang mewah, atau menyewa gaun dalam jumlah yang banyak.Padahal semua itu bisa membuat anggaran pernikahan Anda jadi membengkak. Kalau Anda ingin membeli gaun,pesanlah pada desainer yang mematok harga lebih murah.Atau jika Anda hendak menyewanya, Pertimbangkanlah harga sewa gaun tersebut dan jangan menyewa terlalu banyak. Toh tidak memakai gaun yang mewahpun bukan berarti pernikahan Anda akan jadi biasa-biasa saja.

  1. Mengutamakan makanan ringan daripada makanan utama

Penyajian makanan untuk tamu bertujuan untuk mengenyangkan. Jadi, pilihlah menu-menu mengenyangkan,seperti nasi dan lauk-pauknya. Hindari lauk-pauk berupa seafood, karena bisa menyebabkan cepat basi. Daripada menghabiskan anggaran untuk makanan ringan, lebih baik bujetnya dipakai untuk menambah porsi makanan pokok. Lebih banyak makanan pokok yang tersedia, lebih banyak pula tamu yang bisa diundang. Kalau bisa,pilihlah menu makanan yang cocok di kantong, bukan di selera.

  1. Menyewa hiburan yang harganya selangit

Tidak perlu menyewa hiburan yang mahal-mahal. Carilah band yang bujetnya sesuai dengan kantong Anda.

  1. Terlalu mengandalkan orang lain

Untuk sebuah pesta pernikahan, sebenarnya tidak harus selalu menggunakan wedding organizer atau pihak-pihak lain. Menggunakan

pihak lain jelas akan menambah pengeluaran. Untuk hal-hal yang bi

sa dikerjakan sendiri, kerjakanlah sendiri. Ada beberapa hal yang bisa Anda kerjakan sendiri, misalnya mendesain sendiri kartu undangan pernikahan jika Anda bisa mendesain, membuat kue pernikahan jika Anda jago memanggang , membuat souvenir buatan sendiri, dan masih banyak lagi. Hal-hal kecil tadi bisa menjebol kantong Anda jika Anda melemparkannya kepada pihak lain.

  1. Membeli cincin kawin yang terlalu mahal

Cincin kawin harganya bervariasi.Cincin kawin sebenarnya tidak harus selalu bermata berlian. Cobalah memilih cincin yang lebih murah tapi tetap menarik.Itulah beberapa hal yang bisa membuat kantong Anda jebol dan ada baiknya dipertimbangkan kembali ketika Anda hendak mempersiapkan pesta pernikahan.

Bagaimanapun juga, menghabiskan terlalu banyak uang untuk pesta sehari adalah tindakan yang kurang bijak, karena kehidupan rumah tangga Anda dan pasangan baru akan dimulai justru setelah pesta pernikahan dilangsungkan

 


Leave a Reply