Cara Memilih Router Nirkabel

Bagaimana memilih router nirkabel yang tepat untuk Anda

Apa itu Wireless Router?

Router nirkabel adalah perangkat yang terhubung ke modem rumah atau kantor Anda, sehingga Anda dapat menghubungkan beberapa perangkat, biasanya terhubung kabel dan nirkabel ke koneksi internet Anda pada saat yang bersamaan. Di luar penyediaan dasar internet nirkabel di dalam rumah atau kantor Anda, ada banyak fitur tambahan yang harus dipertimbangkan saat melihat membeli router nirkabel baru. Silakan lihat di bawah ini untuk fitur yang paling umum dari router nirkabel, dan baca terus penjelasan rinci tentang fitur tersebut, dan bagaimana manfaatnya bagi Anda.

Jarak

Kisaran router nirkabel adalah pengukuran seberapa jauh (biasanya di kaki) sinyal dari router akan melakukan perjalanan. Pengukuran ini biasanya ditentukan dalam setting tipe laboratorium, jadi biasanya Anda bisa memperkirakan sedikit jangkauan saat mengaturnya di rumah atau kantor Anda. Banyak hal yang berbeda akan mempengaruhi jangkauan router Anda, mulai dari penempatan fisik di dekat dinding atau jendela, hingga gangguan dari perangkat lain seperti telepon nirkabel atau monitor bayi. Sebagian besar router nirkabel yang baik mampu menyiarkan sinyal Anda ke kisaran sekitar 150 kaki di dalam ruangan, dengan asumsi kondisi rumah tangga yang khas.

Router nirkabel tertentu seperti D-Link DIR-655 mampu menghasilkan sinyal hingga 300 kaki di rumah Anda, sekali lagi – dengan asumsi kondisi sempurna. Rentang juga akan terpengaruh oleh jenis antena yang digunakan router untuk menyiarkan sinyal nirkabel. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana desain antena mempengaruhi sinyal nirkabel, lihat bagian antena di bawah ini.

Single Band atau Dual Band

Saat mencari router nirkabel, Anda akan menemukan dua jenis – band tunggal dan dual band. 'Band' adalah frekuensi nirkabel di mana router nirkabel Anda mengeluarkan sinyal ', dan akan menjadi 2,4 dari 5GHz (Gigahertz). Seperti dugaan Anda, router dual band akan menyiarkan sinyal nirkabel Anda di pita 2.4GHz dan 5GHz, sehingga memberi Anda sinyal yang lebih kuat dan berkualitas.

Meskipun router dual band akan memungkinkan Anda lebih banyak pilihan untuk mengirimkan sinyal nirkabel di rumah atau kantor Anda, frekuensi sinyal 5GHz memiliki beberapa keberatan. Pertama, frekuensi 5GHz tidak akan membiarkan sinyal internet nirkabel Anda bergerak sejauh sinyal frekuensi 2.4GHz. Karena kebanyakan peralatan rumah tangga yang umum tidak beroperasi dalam rentang frekuensi 5GHz, Anda akan mengalami gangguan yang tidak baik, namun Anda tidak dapat memanfaatkan sinyal itu dari tempat yang terlalu jauh. Kelemahan lain dari ini, adalah tidak semua perangkat nirkabel mampu menerima sinyal nirkabel 5GHz, jadi tidak semua perangkat yang Anda miliki dapat memanfaatkan frekuensi tambahan.

Jika Anda memiliki banyak perangkat nirkabel lain di rumah Anda, atau tinggal di daerah yang ramai, Anda akan ingin memilih router nirkabel dengan dual band. Tingkat kualitas sinyal yang ditambahkan akan membantu memberikan sinyal internet nirkabel Anda ke laptop atau telepon Anda tanpa harus bercampur dengan sisa sinyal yang bergerak melalui gelombang udara. Memilih router yang menawarkan teknologi dual band direkomendasikan – Meskipun tidak semua perangkat dapat memanfaatkan pita 5GHz, karena kedua band tersebut menyiarkan berarti Anda dapat menayangkan sinyal nirkabel terlepas dari apa yang terhubung ke router Anda.

Fungsi USB

Beberapa router nirkabel seperti Netgear WNDR4500 menyertakan port USB yang bisa digunakan untuk fungsionalitas tambahan. Anda dapat memilih untuk menghubungkan port USB Netgear WNDR4500 ke USB thumb drive dengan mudah berbagi file di jaringan Anda (juga dikenal sebagai NAS – Network Attached Storage), atau bahkan menghubungkan printer langsung ke router, dan kemudian mengakses printer itu secara nirkabel. dari pc atau laptop yang terhubung ke jaringan nirkabel Anda. Bahkan jika Anda tidak memiliki kebutuhan langsung akan fungsi ini sekarang, jika bisa, pilihlah sebuah router yang memiliki port USB di dalamnya. Selalu bukti masa depan kapan pun Anda bisa!

Port kabel

Selain menyediakan koneksi nirkabel, kebanyakan router nirkabel juga akan menyediakan port kabel, sehingga Anda dapat secara fisik menghubungkan komputer terdekat langsung ke router. Komputer yang terhubung secara fisik dengan router Anda akan mendapatkan keuntungan dari peningkatan kecepatan dan keandalan, jadi jika Anda bisa, selalu ada baiknya untuk mendapatkan router seperti Router Nirkabel Medialink yang juga memiliki port LAN (atau Local Area Network). bahwa Anda secara fisik dapat menghubungkan komputer Anda ke router Anda.

Jika Anda menemukan router nirkabel tanpa port jaringan lokal, pastikan itu sebenarnya router, dan bukan hanya access point. Jalur akses sangat mirip dengan router, dan bahkan mungkin terlihat serupa, namun jalur akses hanya akan menyediakan koneksi nirkabel, dan bukan fungsi tambahan yang diperlukan untuk memungkinkan komputer Anda mengakses internet tanpa kabel. Jika Anda sudah memiliki router nirkabel di rumah atau kantor Anda, Anda dapat menggunakan jalur akses untuk menyediakan sumber nirkabel tambahan, asalkan router utama Anda menyediakan fungsi perutean dasar untuk jaringan rumah Anda.

Desain Antena

Saat memilih router nirkabel baru, Anda ingin mempertimbangkan jenis desain antena yang digunakan router, yang akan berupa internal atau eksternal. Estetis, banyak produsen populer kini memilih antena internal yang bertempat di dalam bodi wireless router.

Sementara antena internal mungkin terlihat sedikit 'bersih' daripada memiliki antena jenis tiang eksternal kecil yang menonjol dari atas router Anda, antena jenis tiang eksternal umumnya memberikan kinerja dan jangkauan yang lebih baik daripada router dengan antena internal.


Leave a Reply