Inilah Rahasia Sukses Bisnis Afiliasi Indonesia

Program affiliasi dalam dunia internet marketing marketing ialah salah satu sumber penghasilan utama bagi sebagian IM. Selama ini, kebanyakan internet net marketer dalam negeri hanya berfokus pada program affiliasi dari luar yang memang sudah terlebih dulu populer dan memiliki pangsa pasar yang sangat luas dengan beragam variasi produk untuk ditawarkan.

Tips Sukses Afiliate Lokal
Tips Sukses Afiliate Lokal

 

Namun ada fakta yang harus dihadapi oleh para pelaku bisnis online bahwa persaingan dalam memasarkan program affiliasi luar negeri seperti pay dot com ataupun CB dot com sudah sangat intense. Meski potensi pasar produk-produk ini mencapai jutaan orang, namun jangan lupa bahwa pemasarnya pun mencapai angka yang tak kalah banyaknya. Ini membuat pelaku bisnis internet marketing banyak yang mengalami kesulitan untuk bisa menghasilkan income dari program afiliasi.

Kebanyakan para IM juga masih melihat pesona dollar yang dianggap jauh lebih menarik dibanding hasil dalam rupiah, padahal sebenarnya, saat ini di pasar Indonesia Dalam negeri, ada banyak program affiliasi lumayan bagus yang tak kalah menjanpunn.

Saya sendiri mengikuti berbagai program affiliasi baik yang internasional maupun yang dalam negeri sejak 2 tahun lalu. Terus terang, setahun belakangan ini penghasilan yang saya bisakan dari program affiliasi ini hampir bisa dibilang seimbang, antara affiliate dari luar maupun affiliasi Indonesia.

Popularitas internet marketing di kalangan masyarakat Dalam negeri belakangan semakin meningkat, ditambah lagi bahwa pesaing untuk memasarkan produk afiliasi dalam negeri terhitung tidak banyak, sehingga apabila kita menggunakan media iklan berbayar pay-per-click (ppc) untuk pasar Dalam negeri, biaya/kliknya umumnya masih sangat murah, yakni berkisar pada Rp 70 – 500 saja untuk tiap klik. Bandingkan pun saya menggunakan iklan ppc untuk memasarkan produk CB di pasar internasional. Bisa-bisa untuk 1 klik saya harus merogoh kocek di atas 1dollar.

 

Kekurangan vs. Kelebihan

Dari segi konversi biaya beriklan dengan hasil penjualan, produk affiliasi Dalam negeri relatif lebih besar. Pun rata-rata dalam 1 hari saya mengeluarkan biaya iklan ppc sekitar Rp 50 ribu untuk semua produk afililiasi Indonesia yang saya jalankan, bisa dipastikan setiap hari pula saya bakal menghasilkan penjualan minimal Rp 700ribu di mana rata-rata saya bisa bisa komisi antara 50-60% per penjualan! Jadi konversi keuntungan bersihnya minimal 7x lipat dari pengeluaran iklan.

Sementara untuk memasarkan produk affiliasi dari luar, saya membujetkan sekitar 50dollar/hari. Hasilnya, rata-rata dalam 1 hari saya bisa menbisakan penjualan total sekitar 200dollar. Dengan struktur komisi yang sama antara 50-60%, maka konversi biaya iklan dengan komisi bersih yang saya peroleh sekitar 2x lipat saja. Inipun masih ada resiko juga, pun pembeli melakukan pengembalian produk (refund) dalam periode maksimal 8 minggu setelah pembelian, terutama untuk produk CB yang sering terjadi. Belum lagi kita harus menunggu pembayaran komisi hingga mencapai 100dollar sebelum bisa ditarik dalam bentuk cek, di mana waktu pengiriman cek dari Amerika ke Dalam negeri bisa memakan waktu 1 bulan.

Proses pencairan cek pun terkadang memakan waktu lama (1 bulan) dan karena nilai tukar dollar terhadap rupiah sering fluktuatif, maka tidak jarang kita pun mengalami kerugian dari selisih nilai tukar.

Nah, pun dibandingkan dengan affiliate Indonesia, dari segi konversi, sejauh pengalaman saya, jauh lebih menjanpunn. Keunggulan lainnya, komisi dibayarkan setiap bulan (bahkan ada pula yang membayarkan komisi setiap ada penjualan) melalui transfer rekening bank tanpa harus menunggu pengiriman dan pencairan cek serta selisih kurs. Ini jelas sangat menguntungkan.

Kekurangan produk affiliasi Indonesia yang ada hingga saat ini ialah, bahwa masih belum banyak variasi produk yang dijual di pasaran. Kebanyakan masih berputar pada topik mencari uang dari internet marketing, rahasia kaya secara instan dan lain-lain.

“Kekurangan” lainnya ialah, bahwa kebanyakan program affiliasi Indonesia mensyaratkan calon affiliatenya untuk membeli terlebih dahulu produk yang hendak dijual sehingga untuk beberapa orang, ini dirasa memberatkan. Kalau saya sih lebih cenderung berpikir positif, bahwa dengan membeli produk yang hendak kita pasarkan terlebih dahulu, kita bisa mengetahui dengan pasti kualitas produk yang hendak kita jual tersebut. Dari sana kita bisa memberikan review yang jujur kepada masyarakat (baca: pasar kita).

Untungnya sih kebanyakan produk afiliasi Dalam negeri harganya tidak terlalu mahal, sehingga masih bisa dijangkau oleh kebanyakan dari kita. Dan sebenarnya, justru inilah salah satu kekuatan dari produk afiliasi Indonesia, yakni bahwa harga jualnya rata-rata murah meriah sehingga bisa dibeli oleh masyarakat luas. Coba bandingkan dengan produk affiliasi dari luar yang harganya berkisar antara 30-200Udollar. Orang yang mau beli pasti pada mikir berulang kali.

Keuntungan lain dari menjual produk afiliasi Indonesia ialah dari segi pembayaran. Orang yang hendak beli bisa melakukan pembayaran dengan mudah melalui transfer bank ke rekening dalam negeri. Sementara kalau untuk produk afiliasi dari luar, pembeli setidaknya harus punya kartu kredit dan/atau rekening paypal.

 

Inilah Salah Satu Rahasia Sukses Bisnis Afiliasi Indonesia

Salah satu kunci sukses mengikuti bisnis afiliasi Indonesia ialah dengan mencari produk baru yang ada di pasaran, dan segera memasarkannya dengan cepat tanpa harus menunggu waktu lama. Apalagi kalau produk tersebut ialah produk baru yang belum ada di pasaran dan sangat diminati oleh masyarakat luas. Ini akan membawa sukses instan buat kita.

Sebagai contoh ialah produk serial e-book dari sebuah Travel Wisata, sebuah situs yang rasanya (hingga artikel ini ditulis) ialah satu-satunya di Dalam negeri yang menjual panduan merencanakan dan melakukan perjalanan ke dari luar secara hemat serta independen, di mana di dalamnya banyak diberikan jurus-jurus traveling hemat ke mancanegara. Produk ini tergolong sangat unik, karena belum ada yang memproduksi produk serupa dalam bahasa Dalam negeri. Apalagi di dalamnya terbisa beragam produk yang bisa dijual oleh affiliasinya dengan sekali mendaftar. Ada panduan jalan-jalan hemat ke Australia, liburan murah ke Eropa Barat, panduan wisata hemat ke Jepang, dan lain-lain. Potensi seorang pembeli untuk melakukan pembelian ulang di kemudian hari pun sangat besar. Alhasil, banyak affiliate situs ini yang dengan instan bisa mendapatkan penghasilan yang teratur  setiap bulannya.


Leave a Reply