Menjaga Anak Tetap Aman Dari Internet

Menjaga Anak Tetap Aman Dari Internet

Internet telah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari dan sementara itu memberikan begitu banyak manfaat, internet juga dilengkapi dengan sejumlah risiko – terutama untuk anak-anak. Masalahnya, sulit untuk menentukan berapa banyak Anda harus memantau anak secara online. Anda tidak ingin menyerbu privasi mereka; Apalagi jika anak asuh Anda masih remaja. Namun, Anda juga tidak ingin mereka terlibat dalam sesuatu yang berpotensi berbahaya.

Penelitian oleh Ofcom telah menemukan bahwa sekitar sepertiga dari 3-4 tahun sekarang memiliki akses ke internet di rumah. Secara umum, jauh lebih mudah melindungi anak-anak di bawah usia lima tahun secara online. Privasi tidak benar-benar menjadi masalah sampai anak lebih tua, jadi biasanya mengadopsi kontrol orang tua yang ketat sudah cukup.

Kontrol orang tua dapat diatur tidak hanya di komputer desktop, namun juga perangkat mobile dan tablet. Mereka mencegah anak Anda melihat gambar yang tidak tepat dan mulai melakukan situs web yang tidak sesuai. Penting untuk dicatat bahwa tidak semua alat kontrol orang tua sama. Ada yang jauh lebih baik dari yang lain, jadi perlu melakukan sedikit riset untuk menemukan yang terbaik.

Meskipun mereka mungkin cukup muda, masih merupakan ide bagus untuk membuat peraturan internet. Ini bisa mencakup hal-hal seperti berapa banyak waktu yang bisa mereka habiskan online. Penelitian menunjukkan terlalu banyak waktu layar yang buruk bagi anak-anak. Jadi, menyiapkan batasan waktu sejak usia dini akan membuat sedikit lebih mudah untuk membangun perilaku layar-waktu yang sehat di kemudian hari.


Melindungi anak yang lebih tua

Sekarang, melindungi anak-anak yang lebih tua secara online lebih sulit. Di sini Anda mulai memiliki masalah tambahan seperti privasi. Terlalu banyak pemantauan bisa merusak hubungan Anda dengan anak, meski terlalu sedikit bisa berbahaya.

Masih bagus untuk memiliki peraturan internet. Ini bisa termasuk membatasi jumlah yang mereka belanjakan secara online dan aturan perilaku saat mereka online. Misalnya, pastikan mereka tahu untuk tidak melakukan apapun yang tidak mereka lakukan secara offline dan hanya bisa berbicara dengan teman, bukan orang asing, di media sosial.

Anda juga bisa membiarkan mereka tahu riwayat penjelajahan akan diperiksa secara acak. Dengan begitu, mereka akan lebih sadar akan situs yang mereka gunakan karena mereka tahu Anda berpotensi melihat untuk mencari tahu. Khawatir tentang riwayat penjelajahan yang dihapus? Ada cara untuk menonaktifkan fitur ini.

Ketika datang ke remaja, membatasi penggunaan internet mereka bisa sangat sulit karena mereka sering dapat mengakses internet melalui beberapa perangkat. Jika Anda khawatir dengan penggunaan internet mereka, salah satu cara untuk membatasinya adalah membawa atau mematikan ponsel atau tablet mereka pada waktu tidur, atau hanya mengizinkan mereka mengakses tablet mereka pada waktu-waktu tertentu dalam sehari.

Secara keseluruhan, keamanan online sangat penting di era digital ini dan sementara itu tidak mungkin memantau anak Anda 24 jam sehari, Anda dapat membantu dengan mengawasi perilaku mereka dan secara terbuka berbicara kepada mereka tentang keamanan internet.


Leave a Reply