Dari sopir hingga menjadi pengusaha rental mobil

 pengusaha rental mobil

Jangan sampai takut punya mimpi. Nasehat ini benar-benar digerakkan Aryanto Mangundihardjo (36 th.), pasti ditambah kemauan untuk mewujudkannya. Akhirnya memanglah mengagumkan : dari hanya sopir taksi saat ini ia seseorang entrepreneur rental mobil elegan. “Semua orang bisa punya mimpi. Saya juga miliki mimpi. Seandainya ada tekad untuk wujudkan mimpi itu, ” ucap Arya berikan semangat.

Dengan bendera Jakarta Limousine (JL), Arya menyewakan beberapa mobil premium, seperti Rolls-Royce Phantom, Ferrari Spider Seraph, Bentley Flying Spoor, Hummer 2 Limousine, dll. “Saya cuma buka usaha yg tidak atau belum dijamah orang lain. Disini saya lihat demikian banyak ekspat yang memerlukan mobil elegan untuk memuaskan rekanan bisnisnya atau menambah citra perusahaan, ” papar Arya.

Menurut dia, usaha rental mobil elegan begitu menjanjikan. Sebab, di satu segi keinginan tinggi, sedang di segi lain nyaris tidak ada yang terjun ke usaha ini. Perasaan bisnisnya yang tajam cepat mencium kesempatan usaha yang menjanjikan. Salah satunya adalah rental mobil di batu.

Ceritanya berawal saat Arya mulai meningkatkan usaha rental mobil th. 2005, dengan nama Jakarta Bahana (JB). Usaha rental mobilnya itu di bangun dengan modal cuma Rp 3 juta, yang dipakai untuk sewa tempat. Modal itu juga adalah bekas dari bisnisnya jadi trader CPO yang tidak berhasil. Bagaimana armadanya? Ia rupanya tinggal menggandeng sebagian rekannya yang mempunyai mobil untuk dikaryakan. Cuma dengan menempatkan iklan baris di halaman Pos Kota, perlahan-lahan usaha rentalnya semakin disukai.

Th. 2006, Arya ganti nama JB jadi JL. Perubahan nama ini di inspirasi saat dianya mengantarkan pelaku bisnis dari Rusia yang kesusahan memperoleh mobil elegan untuk melakukan aktivitas di Jakarta. Lihat ada kesempatan, ia segera ganti rencana bisnisnya jadi rental mobil elegan.

Walaupun mengakui tidak memiliki kiat spesial bangun JL, usaha rentalnya berkembang cukup cepat. Ia mengklaim tiap-tiap th. pertumbuhannya 12%-18%. Nyaris 90% pelanggannya kelompok korporat, seperti dari industri tambang serta kelapa sawit. Yang lain yaitu pelanggan individu untuk kepentingan pernikahan serta pemotretan. Th. lantas, service JL pernah digunakan untuk mengantar sebagian tamu negara di acara ASEAN Summit serta SEA Games.

“Saya tidak pernah memakai kiat spesial untuk mengenalkan nama JL. Semua terbangun dari mulut ke mulut serta dari keyakinan. Itu saja yang kami jagalah hingga saat ini, ” tutur ayah tiga anak ini.

Sekarang ini, armada Arya terbagi dalam 26 unit mobil elegan beragam merk. Ia mempekerjakan 35 pengemudi memiliki pengalaman, plus tiga pegawai di Divisi Promosi serta Pemasaran. Dalam satu bulan, Arya mengakui satu unit armadanya beroperasi rata-rata 16 kali. Mendekati Idul Fitri serta Natal, keinginan umumnya melonjak 100%. Awal th. ini, JL dipilih sebagai mitra Bank BRI untuk mengantarkan nasabah BRI Prioritas yang menginginkan bertandang ke Jakarta.

Untuk dapat nikmati mobil-mobil elegan itu, Arya membanderol tarif beragam. Umpamanya, dengan paket per 12 jam, JL tawarkan sewa Rolls-Royce Phantom seharga Rp 40 juta, Rolls-Royce Silver Seraph Rp 35 juta, Ferrari Spider Rp 30 juta, Bentley Flying Spoor Rp 32 juta, serta Hummer 2 Limousine Rp 37, 5 juta. Diluar itu, disiapkan juga paket sehari penuh (full day) serta bermalam. Tarif itu, disadari Aryo, masihlah dapat dinego. Dari harga itu, Arya mengakui dapat peroleh margin 3%-5%. Akumulasi bekas keuntungan bakal diinvestasikan untuk menambahkan armada.

Arya mengklaim, layanan rental mobil mewahnya mempunyai kelebihan, terlebih dari segi service. Umpamanya, 98% pengemudi yang bekerja dengannya mahir berbahasa Inggris. Diluar itu, beberapa sopir JL diambil dari bekas sopir perusahaan layanan sekuriti yang lulus kwalifikasi di bagiannya. Beberapa sopir ini telah terlatih. Misalnya, tahu bagaimana melakukan tindakan cepat saat hadapi bahaya, seumpama ada tawuran di jalan atau mobil terserang orang. “Si pengemudi tidak cuma sebagai pengantar, namun juga pelayan serta pemberi rasa aman untuk penumpangnya, ” Arya menyatakan.

Untuk menguatkan keamanan serta kenyamanannya, JL lengkapi setiap unit mobil armadanya dengan sarana penambahan, seperti sarana kedap nada, kulkas tersebut minuman serta camilan, dan buku serta surat berita.

Terkecuali kelompok the haves serta ekpat, layanan rental mobil elegan JL juga di nikmati beberapa artis dunia yang pernah manggung di Indonesia, seperti Linkin Park, Beyonce Knowles, Katy Perry serta Juicetin Bieber.

Menurut Budi Hermawan, staf PT Yala Persada Angkasa (YPA), perusahaannya ini sudah jadi pelanggan setia JL mulai sejak 2008. “Nama JL telah populer di kelompok korporat yang memerlukan service mobil elegan. Client serta tamu perusahaan kami dari Singapura serta Hong Kong begitu senang dengan servicenya, ” ungkap Budi.

Dijelaskan Budi, dalam satu bulan YPA pesan 3-4 kali. Umumnya yang disewa mobil type Alphard serta Mercy sepanjang 12 jam serta sehari penuh. “JL mempunyai armada dari beragam merk mobil elegan. Harga nya begitu masuk akal. Itu sepadan dengan service yang didapatkan, ” Budi mengaku.

Toh, kesuksesan suami Margaretta Rozetta ini dalam menggerakkan usaha, tak datang demikian saja. Asam garam usaha dirasakannya. Saat SMA, anak ke-2 dari empat bersaudara ini pernah buka agen koran. Makin dewasa, hasratnya untuk menjajal pekerjaan di bagian lain makin besar. Th. 1995, Arya pilih berprofesi sebagai sopir taksi Blue Bird, yang pernah dijalaninya di Jakarta serta Pulau dewata. “Selama 7 th. bekerja sebagai sopir, insting usaha saya makin terasah. Saya lihat usaha rental mobil cukup prospektif serta mungkin saja penopang hidup saya nantinya, ” ungkap Arya. Bahkan disurabaya sendiri juga sudah banyak buka layanan rental mobil surabaya dengan layanan premium

Bagaimana ke depan? Arya merencanakan pada 2013 telah dapat mewaralabakan JL. Ia yakini bakal dapat berhasil di Indonesia Timur.

“Mengurus usaha ini tidak butuh pendidikan tinggi, namun kejelian lihat kesempatan, kekuatan bikin jaringan, serta prinsip melindungi keyakinan, ” tuturnya berikan catatan


Leave a Reply